WIEK ARIWIBOWO, SUKSES MELAWAN GANASNYA PENYAKIT STROKE……(1)

 

  • Wiek Ariwibowo, SPT, sukses melawan stroke, hanya dalam tempo 5 bulan

BULAN Agustus merupakan bulan yang paling istimmewa bagi saya.karena di bulan itu aku dilahirkan. Di bulan itu juga aku menikah. Dan di bulan Agustus itu anakku meninggal dunia ketika masih bayi. Dan di bulan Agustus pula aku masuk rumah sakit dan divonis terkena serangan stroke tepatnya pada tanggal  24 Agustus 2017.

Sebuah pengalaman  teramat pahit yang tak pernah terbayangkan sebelumnya. Betapa tidak, aku yang terlahir sebagai insan yang penggembira, dan selalu dekat dengan kawan-kawan, tiba-tiba harus berada di rumah sendirian setiap hari. Apalagi kalau pas siang hari, aku harus sendirian di rumah, karena anakku yang paling kecil harus sekolah, anakku yang besar bekerja, dan istriku harus bekerja menjahit demi mendapatkan sesuap nasi.

Hari-hari berlalu dengan kesepian. Satu-satunya hiburan yang ada adalah sebuah ponsel untuk melihat dan berkomunikasi dengan dunia luar. Entah itu melalui WA, facebook, atau sekadar browsing mencari tulisan soal kesehatan, terutama seputar stroke.

Hari pertama keluar dari rumah sakit aku tak bisa jalan sendiri. Bahkan setiap kali ada tetangga atau teman yang bertandang ke rumah, aku harus merambat dari tempat tidur sampai ruang tamu.

Aku tak sadar bahwa kelumpuhan itu merupakan efek dari serangan stroke. Lantaran tak tahu, pada hari ketiga setelah di rumah, aku mencoba jalan pagi bersama istri..hasilnya? mengerikan. Baru mencapai jarak kira-kira 500 meter saja aku sudah nggak kuat. Badan terasa capek semua dan tubuh serasa tak bertenaga.

Namun hal itu aku ulang lagi pada pagi pagi selanjutnya. Meskipun cara berjalannya masih seperti robot, tapi aku sudah mampu melewati jarak berkilo-kilo meter. Ini sungguh aku syukuri, dan terus aku pelajari bagaimana gerakan orang berjalan. Dari bagaimana cara melangkah yang benar hingga lambaian tangan pada saat berjalan. Semua aku amati, aku pelajari, dan aku praktikkan setiap pagi.

Hingga akhirnya menginjak bulan kelima setelah aku pulang dari rumkah sakit, aku sudah bisa berjalan dengn baik.

O ya selama kepulanganku dari rumah sakit aku terus minum obat dari dokter berupa obat penurun tensi yang diminum tiap malam, dan obat pengencer darah pada pagi hari yng diminum bersama vitamin B Complex.

Aku selama itu juga rajin melakukan terapi dua hari sekali berupa penyinaran. Terapi ini dilakukan di rumah sakit selama sebulan penuh. Menurut teman-teman maupun para tetangga yang melihat perkembanganku mengatakan aku sangat cepat membaik. Bisa jalan tanpa tongkat, sudah bisa belajar naik motor meski masih di dalam kampong, sudah mandiri saat mandi, makan, berak, dll. Itu semua aku raih pada bulan kelima sepulang dari rumah sakit.

O ya ada yang lupa. Sebelum terapi di rumahsakit aku juga sempat melakukan terapi bekam selama empat kali. Selain itu juga melakukan terapi tusuk jarum di tempat dr Puwadi di belakang hotel Metro Semarang.

Memang sih ada beberpa teman yang menyarankan terapi pijat. Tapi rasanya aku takut untuk melakukan terapi pijat. Oleh beberapa teman juga sudah disarankan meminum berbagai minuman seperti rebusan daun karet kebo atau  makan daun kelor, semua sudah aku lakukan.

Namun yang pasti aku saat ini hanya mengandalkan semangat dengan rutin minum obat dokter,menjauhi makanan yang tidak diperbolehkan, dan rajin olah raga jalan pagi, setidaknya satu jam per hari.

Kini aku sudah mampu berjalan dan mulai mampu berpikir, setidaknya tidak seperti saat-saat pertama setelah serangan yang kata orang aku sempet lemot dalam berpikir dan berbicara. Bahkan  kini aku sudah mulai ikut berlatih teater lagi meski masih mendapat peran yang ringan-ringan dulu.

Yang penting lagi adalah menjaga jangan sampai terkena stroke yang berikutnya dengan jalan memantau tensi (dirumah sudah tersedia tensi meter), menjaga pola makan, dan menjaga pola hidup, serta rajin berolah raga…

Dan semoga tulisan ini berguna bagi penderita lainnya.

Salam sehat.

Wiwk Ariwibowo

SHARE

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here