Membawa Semangat Merah-Putih ke Negeri Kincir Angin

2
79
Salah satu persembahan tarian tim kesenian SIKL dalam acara gladi bersih "Gebyar Nusantara" ke Belanda.

Ngawursiana.com – Puluhan siswa Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) mengikuti misi budaya ke Belanda. Mereka akan mengadakan persembahan seni dan budaya Indonesia yang bertemakan “Gebyar Nusantara” yang akan berlangsung selama dua minggu mulai tanggal 15 September s.d 28 September 2017.

Selama di Negeri Kincir Angin, siswa SIKL akan menampilkan berbagai jenis kesenian daerah dari Sabang sampai Merauke. Mereka didampingi oleh tiga orang guru dan satu orang wali murid. Rombongan yang diketuai guru SIKL Drs. Ruwiyati itu, juga dijadwalkan akan berkunjung beberapa kota di Prancis dan Belgia.

Kepala Sekolah Indonesia Kuala Lumpur Drs. H. Agustinus Suharto, M.Pd., mengakui bahwa sekolah Indonesia di luar negeri mengemban misi ganda yaitu misi pendidikan dan sebagai pusat kebudayaan Indonesia di negara setempat. “Oleh karena itulah semua kegiatan kebudayaan masyarakat Indonesia di Malaysia selalu melibatkan siswa SIKL,” ungkap H. Agustinus saat melepas tim kesenian SIKL ke Belanda, Jum’at (15/9/2019).

Kepada semua peserta misi budaya diingatkan untuk berdisiplin dalam mengikuti semua kegiatan, karena misi ini akan membawa nama baik sekolah dan Indonesia di Eropa. “Tunjukkan kemampuan kita dan jadilah duta budaya yang profesional,” tegas Kepala Sekolah.

Sementara itu, Atase Pemndidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur, Prof. Dr. Ari Purbayanto dan Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Den Haag, Belanda diagendakan akan melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) untuk menjamin keberlangsungan kegiatan tersebut sebagai bentuk pendidikan karakter dan memperluas wawasan siswa.

Sehari sebelumnya Duta Besar RI untuk Malaysia Rusdi Kirana berpesan kepada semua peserta untuk membawa semangat Merah-Putih ke Belanda. “Kalian adalah potret Indonesia di luar negeri. Untuk itu, senantiasa semangat untuk menunjukkan kepada dunia bahwa generasi muda Indonesia senantiasa bersemangat dan memiliki jiwa kreasi dan inovasi yang tinggi,” tegas Duta Besar.

Selamat mengemban misi budaya Indonesia di Eropa, semoga kelak akan lahir pemimpin Indonesia yang hebat, berwawasan, dan berkarakter.(*)

 

SHARE
Staf Kantor Perwakilan RI, mencoba mengamati dan menulis su-isu agama dan sosial budaya.

2 COMMENTS

  1. Mantap, memperkenalkan indahnya keberagaman dan lebih penting lagi adalah semangat Ke Bhineka an. .

  2. Salut kepada SIKL dan KBRI KL yang secara proaktif melaksanakan misi pendidikan dan kebudayaan sampai ke Eropa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.