Membawa Semangat Merah-Putih ke Negeri Kincir Angin

Ngawursiana.com – Puluhan siswa Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) mengikuti misi budaya ke Belanda. Mereka akan mengadakan persembahan seni dan budaya Indonesia yang bertemakan “Gebyar Nusantara” yang akan berlangsung selama dua minggu mulai tanggal 15 September s.d 28 September 2017.

Selama di Negeri Kincir Angin, siswa SIKL akan menampilkan berbagai jenis kesenian daerah dari Sabang sampai Merauke. Mereka didampingi oleh tiga orang guru dan satu orang wali murid. Rombongan yang diketuai guru SIKL Drs. Ruwiyati itu, juga dijadwalkan akan berkunjung beberapa kota di Prancis dan Belgia.

Kepala Sekolah Indonesia Kuala Lumpur Drs. H. Agustinus Suharto, M.Pd., mengakui bahwa sekolah Indonesia di luar negeri mengemban misi ganda yaitu misi pendidikan dan sebagai pusat kebudayaan Indonesia di negara setempat. “Oleh karena itulah semua kegiatan kebudayaan masyarakat Indonesia di Malaysia selalu melibatkan siswa SIKL,” ungkap H. Agustinus saat melepas tim kesenian SIKL ke Belanda, Jum’at (15/9/2019).

Kepada semua peserta misi budaya diingatkan untuk berdisiplin dalam mengikuti semua kegiatan, karena misi ini akan membawa nama baik sekolah dan Indonesia di Eropa. “Tunjukkan kemampuan kita dan jadilah duta budaya yang profesional,” tegas Kepala Sekolah.

Sementara itu, Atase Pemndidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur, Prof. Dr. Ari Purbayanto dan Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Den Haag, Belanda diagendakan akan melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) untuk menjamin keberlangsungan kegiatan tersebut sebagai bentuk pendidikan karakter dan memperluas wawasan siswa.

Sehari sebelumnya Duta Besar RI untuk Malaysia Rusdi Kirana berpesan kepada semua peserta untuk membawa semangat Merah-Putih ke Belanda. “Kalian adalah potret Indonesia di luar negeri. Untuk itu, senantiasa semangat untuk menunjukkan kepada dunia bahwa generasi muda Indonesia senantiasa bersemangat dan memiliki jiwa kreasi dan inovasi yang tinggi,” tegas Duta Besar.

Selamat mengemban misi budaya Indonesia di Eropa, semoga kelak akan lahir pemimpin Indonesia yang hebat, berwawasan, dan berkarakter.(*)

 

T.H. Salengke

T.H. Salengke

Staf Kantor Perwakilan RI, mencoba mengamati dan menulis su-isu agama dan sosial budaya.
T.H. Salengke

3 Responses

  1. author

    Suyono Apol2 months ago

    Salut kepada SIKL dan KBRI KL yang secara proaktif melaksanakan misi pendidikan dan kebudayaan sampai ke Eropa.

    Reply
  2. author

    Manula Sepuh2 months ago

    Mantap, memperkenalkan indahnya keberagaman dan lebih penting lagi adalah semangat Ke Bhineka an. .

    Reply
  3. author

    Bundane salma2 weeks ago

    Bagi yang mampu berpikiran jernih setelah jadi BMI pasti sukses, pada dasarnya di perantauan cari modal dulu dan bekerja yg baik sampai kontrak finis, oh iya tidak lupa sy ucapkan terima kasih banyak kpd teman sy yg ada di singapura..! berkat postingan dia di halaman facebook TKI Sukses sy baca. sy bsa kenal nma nya Mbah Suro Guru spiritual PESUGIHAN ANKA GHAIB TOGEL 2D sampai 6D dan PESUGIHAN DANA GHAIB. . pikir-pikir kurang lebih 7 tahun kerja jd Tkw di Hongkong hanya jeritan batin dan tetes air mata ini selalu menharap tp tdk ada hasil sm sekali. Mana lagi dapat majikan galak. salah sedikit kena marah lagi . Tiap bulan dapat gaji hanya separoh saja . . itu pun tdk cukup biaya anak di kampung. Tp sy beranikan diri tlpon nmr beliau untuk minta bantuan nya. melalui PESUGIHAN DANA GHAIB Nya . syukur Alhamdulillah benar2 terbukti sekarang. terima kasih ya allah atas semua rejeki mu ini. Sy sudah bs pulang ke kmpung halaman buka usha skrg. jk tman minat ingin tlpn beliau . ini nmr nya +62 82354640471 & 082354640471 siapa tau anda bisa di bantu dan cocok sprti sy . aminn

    Reply

Leave a Reply