Menghilangnya Mantan yang Cantik

Ngawursiana.com – Suhu politik Negeri Gajah Putih kini memanas. Pasalnya, mantan Perdana Menteri Yingluck Shinawatra absen hadir di Mahkamah Agung Thailand Jumat (25/8) pekan lalu saat rencana pembacaan putusan hakim atas kasus korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan yang selama ini membelitnya.

Politikus Partai Puea Thai itu didakwa atas tuduhan peneyalahgunaan kekuasaan terkait pengelolaan bantuan beras bersubsidi bagi penduduk kampung di Thailand selama dirinya menjabat sebagai perdana menteri. Dari kasus yang merugikan negara US$8 miliar (107.6 triliun rupiah) itu, Yingluck terancaman hukuman 10 tahun penjara.

Berbagai andaian berseliwiran dari publik dan pihak otoritas Thailand. Yang paling kuat adalah dugaan bahwa pemimpin perempuan pertama negara Thailand itu sudah melarikan diri ke luar negeri melalui negara tetangga—Kamboja.

Buntut dari itu semua, Junta Militer Thailand menyebut-nyebut bahwa pemimpin Kamboja PM Hun Sen terlibat meloloskan Yingluck ke luar negeri. Dasar tuduhan itu karena diyakini tidak mungkin politikus cantik yang pernah berkuasa memimpin Thailand selama tiga tahun (2011-2014) itu berani terbang dari Thailand.

Baik dari jalur darat maupun laut, disinyalir kuat bahwa Yingluck Shinawatra telah singgah di Kamboja sebelum terbang ke Singapura lalu kemudian menuju Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Rumor keberadaan Yingluck juga diperkuat oleh petinggi Partai Puea Thai, kenderaan yang membawanya sampai ke kursi kekuasaan di Thailand tujuh tahun yang lalu.

Apakah Yingluck benar-benar sudah berada di luar negeri atau masih bersembunyi di negaranya, kita tunggu investigasi intelijen Thailand dan penelusuran interpol.(*)

SHARE
Staf Kantor Perwakilan RI, mencoba mengamati dan menulis su-isu agama dan sosial budaya.

4 COMMENTS

  1. Vonis yang bakal diputuskan hampir pasti menyatakan ia bersalah dan terkontaminasi politik, jadi baginya kabur adalah jalan paling selamat.

  2. Korupsi di Thayland gede. Gede mana sama Indonesia?
    Katanya kita dulu bocor 1000 triliun setahun? Bener ga tuh?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here