Memburu Yingluck ke Seberang Lautan

Yingluck dan Hun Sen pada satu acara resmi kenegaraan. Foto: Heng Chivoan/Phnom Penh Post.

Ngawursiana.com – Pemerintah Junta Militer Thailand berusaha menjerat mantan PM Yingluck Shinawatra dengan tuduhan korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan yang dilakukan selama menjabat sebagai pemimpin Negeri Gajah Putih, tahun 2011-2014 yang lalu. Tentu hal itu disangkal dengan keras oleh adik kandung mantan PM Thaksin Shinawatra.

Yang pasti pemerintah Thailand akan bekerja keras membuktikan bahawa Yingluck benar-benar bersalah dalam kasus skema subsidi beras bagi orang kampung di Thailand. Kini Mahkamah Agung telah mengeluarkan surat perintah penangkapan keatas Yungluck yang walaupun keputusan kasusnya belum diketuk palu karena ditunda ke tanggal 27 September 2017 mendatang.

Selain itu, tentu intelijen Thailand harus benar-benar bisa melacak rute perjalanan Yingluck seandainya dia benar-benar sudah meninggalkan negaranya. Tentu kasus ini akan melibatkan negara tetangga yakni Kamboja yang santer disebut-sebut dilalui oleh Yingluck. PM kamboja Hun Sen langsung angkat bicara dan menafikan tuduhat tersebut. “Tidak ada data yang menunjukkan Yingluck singgah di Kamboja,” tegas Hun Sen seperti dilangsir media setempat.

**

Opini publik Thailand dan bahkan dunia cenderung tergiring bahwa Perdana Menteri perempuan pertama Thailand itu benar-benar sudah meninggalkan negaranya dan kini berada di Dubai, Uni Emirat Arab. Hampir tidak ada suara santer yang mengatakan bahwa Yingluck masih bersembunyi di negaranya dibawah perlindungan Partai Puea Thai yang pernah dipimpinnya.

Tanggal 27 September 2017 nanti, akan membuktikan keputusan terhadap tuduhan keatas Yingluck yang selama ini disangkalnya. Apakah Yingluck berani hadir di Mahkamah Agung Thailand atau membiarkan saja kasusnya bergulir hanya mengandalkan pembelaan dari pengacaranya?

Hadir atau tidaknya Yingluck pada hari diputuskan kasusnya akan menjadi penentu sikap dan posisi Yingluck dengan negaranya kedepan. Apabila dia benar-benar tidak hadir, maka itu petanda dia akan mengikuti jejak saudara kandungnya Thaksin Shinawatra yang meninggalkan negeranya tahun 2008 karena tidak mau dibui.(*)

SHARE
Staf Kantor Perwakilan RI, mencoba mengamati dan menulis su-isu agama dan sosial budaya.

2 COMMENTS

  1. Sekarang status Yingluck masih belum definitif:
    1. Sudah berada di luar Thailand, seperti di Dubai misalnya;
    2. Sudah kabur tapi masih di Thailand dan belum diketahui tempat persembunyiannya;
    3. Ada pihak yang menyembunyikannya di luar kehendaknya;
    4. Ia sudah dibunuh.

    Tentu saja tidak mungkin ia akan datang pada vonis MA secara sukarela.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here