Hadapi Malaysia, Indonesia Kehilangan Hansamu, Hargianto dan Marinus

Ngawursiana.com- Indonesia akhirnya mendapatkan jatah tiket tampil di partai semifinal cabor sepakbola SEA Games 2017 ini setelah dipartai terakhir babak penyisihan group mereka berhasil menang 2-0 atas Kamboja. Di babak empat besar nanti tim Garuda Muda akan bertemu dengan tim tuan rumah Malaysia yang tampil sebagai juara dari group A.

Kemenangan 2-0 atas Kamboja tersebut membaa Timnas U22 Indonesia tampil sebagai runner up dari Group “neraka” B dengan raihan 11 poin, kalah dua angka dari Thailand yang ada di posisi puncak dengan raihan 13 poin.

Harus diakui perjalanan timnas U22 Indonesia ke semifinal tidaklah berjalan dengan mulus-mulus amat. Di laga perdana mereka ditahan imbang Thailand 1-1. Kemudian secara meyakinkan mereka berhasil mengalahkan Filipina 3-0. Selanjutnya ketika bertemu Timor Leste hanya menang 1-0, Begitu juga saat mereka bertemu Vietnam berakhir dengan skor imbang 0-0. Beruntung kemaren pada laga penentuan mereka berhasil menang 2-0

Namun sialnya pada laga semifinal menghadapi Malaysia yang akan berlangsung Sabtu (26/8) nanti. Tim nasional U-22 Indonesia akan kehilangan tiga pemain kuncinya. Masing-masing Hansamu Yama, Muhammad Hargianto dan Marinus Wanewar akibat akumulasi kartu kuning.

Sesuai dengan Regulasi disiplin dan etik AFC yang diterapkan dalam SEA Games 2017 memang menyebutkan, bahwa pemutihan kartu kuning di semifinal hanya bagi pemain yang mendapatkan satu kali kartu kuning. Bagi mereka yang mengoleksi dua kartu kuning atau satu kartu merah tidak mendapat pengampunan.

Dengan demikian ketidakhadiran ketiganya, tentu menjadi kerugian besar bagi tim karena biar bagaimanapun, Hansamu merupakan pemain yang menyandang ban kapten ini selalu tampil penuh dalam empat laga di fase grup. Sementara Hargianto dan Marinus merupakan pemain yang turut menymbangkan satu gol bagi timnas selama ajang SEA Games 2017 ini berlangsung.

Sepanjang keikutsertaan Indonesia di cabor sepakbola pada ajang pesta olahraga bergengsi antar negara-negara Asia Tengara, SEA Games ini. Indonesia sesungguhnya sudah 15 kali bertemu Malaysia sejak 1977. Hasilnya berimbang, Indonesia menang tujuh kali, sekali imbang, dan tujuh kali kalah. Namun untuk pertemuan di babak semi final ini merupakan yang kedua kalinya. Sebelum ini pertemuan di babak semifinal ini terjadi pada ajang SEA Games 2013 silam yang berlangsung di Myanmar.

Pertandingan yang berlangsung di Stadion Zayarthiri Myanmar waktu itu. Dalam waktu normal Indonesia dan Malaysia bermain imbang 1-1. Laga kemudian dilanjutkan dengan adu tendangan penalti. Indonesia tampil sebagai pemenang dengan skor akhirnya 4-3.  Di partai final Indonesia bertemu tim dari negri gajah putih Thailand, Namun sayang perjuangan timnas U22 kala itu hanya sampai disitu mereka gagal meraih medali emas takluk 0-1 dari Thailand.

Pertemuang antara Indonesia dan malaysia dalam semua level pasti sangat menarik untuk ditonton. Kedua musuh berbuyutan ini sepertinya bisa dibilang merupakan pertaruhan harga diri bangsa. Apalagi, pada pertemuan terakhir di Kualifikasi Piala Asia U-23 Juli lalu. Indonesia takluk tiga gol tanpa balas semoga saja di semifinal SEA Games 2017, Indonesia bisa menuntaskan dendam kekalahan tersebut.

Berikut Rekor Pertemuan Indonesia vs Malaysia di SEA Games:

1977 Indonesia 2-1 Malaysia (Penyisihan Grup)
1979 Indonesia 0-0 Malaysia (Penyisihan Grup)
1981 Indonesia 0-1 Malaysia (Final)
1985 Indonesia 0-1 Malaysia (Perebutan Perunggu)
1987 Indonesia 1-0 Malaysia (Final-Babak Tambahan)
1989 Indonesia 0-2 Malaysia (Penyisihan Grup)
1991 Indonesia 2-0 Malaysia (Penyisihan Grup)
1995 Indonesia 3-0 Malaysia (Penyisihan Grup)
1997 Indonesia 4-0 Malaysia (Penyisihan Grup)
1999 Indonesia 6-0 Malaysia (Penyisihan Grup)
2001 Indonesia 1-2 Malaysia (Penyisihan Grup)
2005 Indonesia 0-1 Malaysia (Perebutan Perunggu)
2011 Indonesia 0-1 Malaysia (Penyisihan Grup)
2011 Indonesia 1-1 Malaysia, Adu Penalti 3-4 (Final)
2013 Indonesia 1-1 Malaysia, Adu penalti 4-3(semifinal)

Partai semifinal antara Indonesia versus Malaysia ini akan berlangsung di Stadion Shah Alam, Malaysia Sabtu (26/8/2017) jam 15.00 WIB. Sementara Semifinalis lainya Thailand dan Myanmar akan berlangsung di Stadion Selayang Selangor, Malaysia jam 19.45 WIB

Borneo 25 Agustus 2017

Salam Olah Raga

Sumber foto

Tags:

8 Responses

  1. author

    Susy Haryawan3 months ago

    unsur “sabotase” lebih kuat…masak tiga pilar, tiga posisi, kartu semua, Hargianto yang sangat normal…Striker sih Ezra bisa selevel dg Maryanto…susah si kapten ini….

    Reply
    • author

      Hery Syofyan3 months ago

      YA apa lagi sepertinya kartu kuning kemaren bukan karena kesalahan pemain dlam tkcle atau apalah katanya masalah actitude sipemain…aneh juga

      Reply
      • author

        Susy Haryawan3 months ago

        Lucunya maryanto dikemplang gak dikartu… Hansamu kapten kalau gak boleh protes ya aneh..

        Reply
  2. author

    Mas Wahyu3 months ago

    Wah..wah…wah….pesimis dech tanpa hansamu yama

    Reply
    • author

      Hery Syofyan3 months ago

      ya akibat kebodohannyanya sendiri mas wahyu…. aturanya dia harus berpikir ini sedang bela negara jadi bukan bela klub…….tapi ya sudahlah udah kejadian…..semoga saja bisa jadi pelajaran buat kedepanya.

      Reply
  3. author

    Manula Sepuh3 months ago

    Ya sudah, tetap berjuang aja, biar kaderisasi dan cari yg setara.

    Reply
    • author

      Hery Syofyan3 months ago

      Bantu do’a aja pal manula semoga mereka bisa………………..

      Reply
  4. author

    Suyono Apol3 months ago

    Pengendalian emosi adalah bagian dari kecerdasan.

    Reply

Leave a Reply