Tiga Calon Presiden Terkuat untuk Pilpres 2019

33
623
Joko Widodo - Prabowo Subianto - Jusuf Kalla

Ngawursiana.com Pemilihan presiden (pilpres) 2019 kurang dari dua tahun lagi akan diselenggarakan meskipun undang-undang yang mengaturnya belum rampung diperdebatkan di DPR bersama pemerintah. Tentu saja mereka yang berniat menjadi RI-1 harus sudah menyiapkan diri, melakukan penjajakan dan perencanaan dari sekarang, atau bahkan sudah mulai sebelumnya. Siapakah yang diperkirakan akan maju?

Kesempatan maju tentu saja sangat tergantung pada undang-undang yang sedang diperdebatkan itu. Apabila ambang batas pencalonan presiden (presidential threshold) dihapuskan, jumlah pasangan calon (paslon) presiden dan wakilnya bisa banyak meskipun mungkin tidak akan sampai sebanyak jumlah parpol yang ikut pemilu mengingat akan adanya polarisasi sebagai strategi untuk menang atau untuk ikut menang, sebagai contoh, ada indikasi PDI-P, Golkar, Nasdem, dan Hanura akan mengusung paslon yang sama, dengan Joko Widodo (Jokowi) sebagai capresnya.

Meskipun undang-undang belum diputuskan, bisa diperkirakan parpol-parpol besar yang menguasai DPR, ujung-ujungnya, akan memenangi pertarungan mempertahankan presidential threshold baik lewat permufakatan musyawarah maupun lewat pemungutan suara (voting). Jadi, siapakah capresnya?

Pertama, kalau kepada publik ditanyakan secara terbuka, siapa bakal capres dan cawapres yang melintas di pikiran mereka (top of the mind), akan muncul 16 nama-nama berikut, yang penulis susun secara alfabetis.
Agus Harimurti Yudhoyono, Ahmad Heryawan, Anies Baswedan, Basuki Tjahaja Purnama, Gatot Nurmantyo, Hary Tanoesoedibjo, Hutomo Mandala Putra (Tommy Suharto), Joko Widodo, Jusuf Kalla, Megawati Soekarnoputri, Prabowo Subianto, Pramono Edhie Wibowo, Puan Maharani, Ridwan Kamil, Sohibul Iman, dan Tri Rismaharini.

Dari nama-nama itu, kecil kemungkinan Megawati Soekarnoputri (70 th) akan menyalonkan diri sebagai capres. Dan Basuki Tjahaja Purnama (50 th) yang sebelumnya berpotensi menjadi cawapres, sudah meredup memasuki tahun 2017. Sementara Hutomo Mandala Putra (54 tahun) hanya bisa maju sebagai capres kalau persyaratan presidential threshod dihapus.

Yang menjadi capres dan mendapat kendaraan parpol mungkin hanya tiga, yaitu Joko Widodo, Prabowo Subianto, dan Jusuf Kalla. Siapakah yang cocok menjadi cawapresnya?
/
Capres: Joko Widodo (56 th)
Cawapres:
– Ridwan Kamil (45 th)
– Tri Rismaharini (55 th)
– Gatot Nurmantyo (57 th)
– Puan Maharani (43th)
/
Capres: Prabowo Subianto (65 th)
Cawapres:
– Anies Baswedan (48 th)
– Sohibul Iman (51 th)
– Hary Tanoesoedibjo (51 th)
– Ahmad Heryawan (51 th)
/
Capres: Jusuf Kalla (75 th)
Cawapres:
– Agus Harimurti Yudhoyono (38 th)
– Pramono Edhie Wibowo (62 th)
– o –

33 COMMENTS

  1. Aku pilih yg pekerja keras, jujur, pemersatu bangsa, tidak menggunakan isu Sara.
    Dan tak lain tak bukan adalah:
    Ir. Joko Widodo.

    Wakilnya aku berharap Prof Mahfud MD.

    Duo tokoh pemberani dan berilmu.

    Semoga, NKRI maju pesat.

    • Kubu yang bersangkutan bilang bahwa hukuman yang dijalankan adalah untuk membayar kesalahannya, berarti sesudah itu impas, menjadi manusia biasa dengan hak penuh.

    • Test-nya bagus Mbak Biken. Ada notifnya di inbox lagi. Keren dah pokoknya. Artikelnya udah di-draft ya? Tinggal klik “Publish” … cling…

  2. Calonnyaa ga adA ya g menarik karenaa ga adaa nMa sayaa

    Sayaa jugaa kan berambidi jadi calon om

    Wkwkwkwkwk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.