Tiga Calon Presiden Terkuat untuk Pilpres 2019

Joko Widodo - Prabowo Subianto - Jusuf Kalla

 

Ngawursiana.com Pemilihan presiden (pilpres) 2019 kurang dari dua tahun lagi akan diselenggarakan meskipun undang-undang yang mengaturnya belum rampung diperdebatkan di DPR bersama pemerintah. Tentu saja mereka yang berniat menjadi RI-1 harus sudah menyiapkan diri, melakukan penjajakan dan perencanaan dari sekarang, atau bahkan sudah mulai sebelumnya. Siapakah yang diperkirakan akan maju?

Kesempatan maju tentu saja sangat tergantung pada undang-undang yang sedang diperdebatkan itu. Apabila ambang batas pencalonan presiden (presidential threshold) dihapuskan, jumlah pasangan calon (paslon) presiden dan wakilnya bisa banyak meskipun mungkin tidak akan sampai sebanyak jumlah parpol yang ikut pemilu mengingat akan adanya polarisasi sebagai strategi untuk menang atau untuk ikut menang, sebagai contoh, ada indikasi PDI-P, Golkar, Nasdem, dan Hanura akan mengusung paslon yang sama, dengan Joko Widodo (Jokowi) sebagai capresnya.

Meskipun undang-undang belum diputuskan, bisa diperkirakan parpol-parpol besar yang menguasai DPR, ujung-ujungnya, akan memenangi pertarungan mempertahankan presidential threshold baik lewat permufakatan musyawarah maupun lewat pemungutan suara (voting). Jadi, siapakah capresnya?

Pertama, kalau kepada publik ditanyakan secara terbuka, siapa bakal capres dan cawapres yang melintas di pikiran mereka (top of the mind), akan muncul 16 nama-nama berikut, yang penulis susun secara alfabetis.
Agus Harimurti Yudhoyono, Ahmad Heryawan, Anies Baswedan, Basuki Tjahaja Purnama, Gatot Nurmantyo, Hary Tanoesoedibjo, Hutomo Mandala Putra (Tommy Suharto), Joko Widodo, Jusuf Kalla, Megawati Soekarnoputri, Prabowo Subianto, Pramono Edhie Wibowo, Puan Maharani, Ridwan Kamil, Sohibul Iman, dan Tri Rismaharini.

Dari nama-nama itu, kecil kemungkinan Megawati Soekarnoputri (70 th) akan menyalonkan diri sebagai capres. Dan Basuki Tjahaja Purnama (50 th) yang sebelumnya berpotensi menjadi cawapres, sudah meredup memasuki tahun 2017. Sementara Hutomo Mandala Putra (54 tahun) hanya bisa maju sebagai capres kalau persyaratan presidential threshod dihapus.

Yang menjadi capres dan mendapat kendaraan parpol mungkin hanya tiga, yaitu Joko Widodo, Prabowo Subianto, dan Jusuf Kalla. Siapakah yang cocok menjadi cawapresnya?
/
Capres: Joko Widodo (56 th)
Cawapres:
– Ridwan Kamil (45 th)
– Tri Rismaharini (55 th)
– Gatot Nurmantyo (57 th)
– Puan Maharani (43th)
/
Capres: Prabowo Subianto (65 th)
Cawapres:
– Anies Baswedan (48 th)
– Sohibul Iman (51 th)
– Hary Tanoesoedibjo (51 th)
– Ahmad Heryawan (51 th)
/
Capres: Jusuf Kalla (75 th)
Cawapres:
– Agus Harimurti Yudhoyono (38 th)
– Pramono Edhie Wibowo (62 th)
– o –

Suyono Apol

Suyono Apol

Untuk ngawur diperlukan nyali, kejujuran, dan daya tahan.
Suyono Apol

Latest posts by Suyono Apol (see all)

Tags:

32 Responses

  1. author

    Susy Haryawan5 months ago

    Romi dan imin bisa jg meramaikan khasanah kalau pt dihapus

    Reply
    • author

      Suyono Apol5 months ago

      Kalau PT dihapus, anak buah Imin bilang Imin mau diajukan sebagai cawapres Jkw.
      Hadeuh…

      Reply
  2. author

    Difa5 months ago

    Calonnyaa ga adA ya g menarik karenaa ga adaa nMa sayaa

    Sayaa jugaa kan berambidi jadi calon om

    Wkwkwkwkwk

    Reply
    • author

      Suyono Apol5 months ago

      Mas Difa nyalonnya tahun 2222 saja ya…

      Reply
      • author

        Difa5 months ago

        Ngggaaa maaau om, adaaa calon gaaa jelass di tahun itu, yaaang ga sukaa pake kolor

        Wkwkwkwk

        Reply
        • author

          Suyono Apol5 months ago

          Kalau dia perempuan sih menarik juga ya…
          Ha ha ha…

          Reply
          • author

            Difa5 months ago

          • author

            Suyono Apol5 months ago

          • author

            Difa5 months ago

  3. author

    Jati Kumoro5 months ago

    Bang Oma gak katut pa ya ….hihihi

    Reply
    • author

      Suyono Apol5 months ago

      Dia dijegal pakai presidential threshod…

      Reply
    • author

      Susy Haryawan5 months ago

      mau dampingi Mas?

      Reply
  4. author

    bikenoyee5 months ago

    test

    Reply
    • author

      Suyono Apol5 months ago

      Test-nya bagus Mbak Biken. Ada notifnya di inbox lagi. Keren dah pokoknya. Artikelnya udah di-draft ya? Tinggal klik “Publish” … cling…

      Reply
  5. author

    Lohmenz Neinjelen5 months ago

    test juga…pakai facebook

    Reply
    • author

      Suyono Apol5 months ago

      FB saya nanti mau diaktifkan lagi. Sekarang lagi fb-less.

      Reply
    • author

      Suyono Apol1 week ago

      Test, reply dari penatajam.com.
      10 Nov 2017.

      Reply
  6. author

    Mbak Yun5 months ago

    Mas Suyono
    Lihat gambarnya sudah ngeri tuh yg dua…hahahaaa…
    Saya selalu pak Dhe aja deh…. aman…adem…..

    Reply
    • author

      Suyono Apol5 months ago

      Baru lihat gambarnya saja sudah seram…
      Pilih yang melayani dan mengayomi saja ya…

      Reply
  7. author

    Ryo Kusumo5 months ago

    Kenapa master limbad gak ada pak? Dia kan kuat juga???

    Reply
    • author

      Suyono Apol5 months ago

      Mas Limbad gak mau jadi presiden karena harus banyak ngomong.

      Reply
      • author

        Susy Haryawan5 months ago

        wakilnya burung hantunya begitu

        Reply
        • author

          Suyono Apol5 months ago

          Istrinya menjadi jubir…

          Reply
  8. author

    Ronald Wan5 months ago

    Yah begitulah

    Reply
    • author

      Suyono Apol5 months ago

      Semoga lancar jalannya, tidak ada blunder atau pem-bully-an seperti pada Pilkada DKI 2017

      Reply
  9. author

    mike reyssent5 months ago

    Oom Suyono…
    Apakah Tommy masih boleh calon?

    Reply
    • author

      Suyono Apol5 months ago

      Kubu yang bersangkutan bilang bahwa hukuman yang dijalankan adalah untuk membayar kesalahannya, berarti sesudah itu impas, menjadi manusia biasa dengan hak penuh.

      Reply
  10. author

    Latifa5 months ago

    Wow…tiga calon presiden yang top dan berkarakter. Siapa yang akan menang ya?

    Reply
  11. author

    Agung Budi Santoso4 months ago

    Indonesia butuh pemimpin yang tegas, berwibawa, dan bukan sekedar janji

    Reply

Leave a Reply